Sistha's Blog

Blog seorang perempuan kecil yang beranjak dewasa

Netiket Dunia OnLine

Komunikasi melalui internet dapat dikelompokkan dalam tiga bagian:

  1. Komunikasi dari satu orang ke orang lain secara personal à bisa melalui surat (e-mail, message) atau bicara langsung (Yahoo Messager).
  2. Komunikasi dari personal untuk banyak orang à milis, NetNews
  3. Servis Informasi à semacam mesin pencari seperti Google atau Yahoo.

Tapi disini saya hanya akan menguraikan bagian pertama.

Komunikasi dari satu orang ke orang lain secara personal

Netiket dalam surat-menyurat (mail atau e-mail):

  • Pastikan bahwa surat yang kamu terima aman. Jangan pernah memasukkan pesan yang tidak dikenal.
  • Respek/ memperhatikan hak cipta dari materi yang kamu ambil. Hampir setiap negara punya undang-undang hak cipta.
  • Bila kamu diminta untuk mem-forward atau mengirimkan kembali pesan yang kamu terima, jangan mengubah pesan didalamnya. Jika pesan tersebut bersifat personal untuk kamu dan kamu mengirimkannya untuk grup, kamu harus meminta ijin. Boleh saja kamu memendekkan isi pesan dan hanya menampilkan pesan penting, pastikan kamu memberi informasi yang sebenarnya.
  • Jangan pernah mengirim e-mail berantai (spam). Pesan semacam ini dilarang di internet. Jaringan kamu akan dicabut. Beritahukan pengelola system local bila anda menerima spam ini.
  • Umumnya, baik bila anda mengecek subjek dari semua mail anda sebelum anda memebalasnya. Kadang seseorang yang meminta bantuanmu (klarisifikasi) akan mengirim pesan lainnya bertuliskan ”Never Mind”. Juga pastikan bahwa semua pesan yang anda tanggapi benar-benar ditujukan untuk anda.
  • Buat semuanya jadi mudah untuk penerima. Untuk meyakinkan orang mengenal siapa anda, jangan lupa memasukkan satu atau dua baris info kontak di akhir pesan. Anda bisa menulisnya sendiri atau menambahkan ”signature” yang secara otomatis akan tercantum bila anda menginginkannya.
  • Hati-hati menuliskan alamat e-mail. Ada alamat-alamat yang berupa grup tapi seperti milik satu orang. Ketahui kepada siapa anda mengirimkannya.
  • Ingat bahwa anda berkomunikasi lintas dunia. Jika anda ingin cepat mendapat respon dari pesan anda, mungkin si penerima pesan sedang tidur. Sebelum anda beranggapan pesan belum tiba atau penerima tidak peduli, berikan mereka waktu untuk bangun, kembali bekerja dan login.
  • Periksa semua alamat sebelum anda menulis pesan panjang untuk personal. Diatas 100 baris termasuk ’panjang’.
  • Jangan gunaka huruf besar (UPPERCASE) semua. Padukan dengan huruf kecil, karena penggunaan HURUF BESAR memberi kesan anda sedang berteriak atau bersorak.
  • Gunakan simbol untuk memberi penekanan misalnya dengan menggunakan garis bawah (underscores).
  • Gunakan Smiley untuk mengekspresikan nada bicara, tapi jangan terlalu sering.
  • Tunggu semalam untuk mengirim pesan emosional. Jika anda benar-benar ingin menyampaikannya kepada seseorang, nyatakan lampiran via FLAME ON/OFF.

Contohnya: FLAME ON: Perselisihan ini tidak bermanfaat. Tidak masuk akal dan tidak beralasan. Dan tanpaknya dunia sepakat denganku. FLAME OFF

  • Memberi pesan dengan singkat tanpa memaksanya sehingga menjadi terlalu singkat. Ketika menjawab pesan, masukkan materi asli secukupnya agar dimengerti. Sungguh tidak bagus menjawab dengan simpel pesan dengan memasukkan pesan-pesan sebelumnya: edit semua hal yang tidak berhubungan.
  • Batas panjangnya baris tidak lebih dari 65 karakter.
  • Surat sebaiknya diberi judul yang menggambarkan isi pesan.
  • Bila anda menyertakan tanda tangan buat dengan singkat. Sebaiknya kurang dari 4 baris. Ingat banyak orang membayar koneksi per menit dan semakin panjang pesanmu, akan banyak biaya yang mereka keluarkan.
  • Jangan mengirim pesan yang tak diminta dalam muatan yang besar.

Netiket dalam berbicara:

  • Gunakan huruf biasa dan beri tanda baca yang pantas, seperti anda menulis surat atau mengirim e-mail.
  • Selalu ucapkan “Dag Dag” atau salam perpisahan lainnya, dan tunggu salam dari orang lain sebelum mengakhiri sesi.
  • Ingat bahwa bicara bisa menjadi gangguan untuk orang lain. Gunakan di saat yang tepat dan jangan pernah bicara dengan orang tak dikenal
  • Banyak alasan tidak membalas. Jangan berharap semua akan berjalan dengan baik.
  • Bila seseorang tidak merespon anda cobalah lagi atau coba yang lain. Bila tidak merespon juga, jangan lanjutkan pengiriman.
  • Bicara menunjukkan kemampuan mengetik anda. Bila anda mengetik terlalu lambat dan membuat banyak kesalahan dalam mengetik kurang baik bila anda mencoba memperbaiki, bisa aja orang lain telah mengerti maksud anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: