Sistha's Blog

Blog seorang perempuan kecil yang beranjak dewasa

BALIKPAPAN

Saya akan ceritakan sedikit tentang Balikpapan yang BERsih Indah aMan & Nyaman. Balikpapan termasuk salah satu kota yang cukup bersih di Indonesia. Ini tak lepas dari perhatian Pemerintah Kotanya yang peduli lingkungan. Sosok pemimpin yang baik dan setia pada masyarakatnya, Bapak H. Imdaad Hamid, SE. yang menjabat sebagai Walikota 2 periode berturut-turut yaitu pada tahun 2001-2006 berlanjut 2006-2011. Dan tahun lalu beliau resmi digantikan oleh Bapak Rizal Effendi (wakil walikota Balikpapan 2006-2011).

I’ll tell you a little about Balikpapan, the clean, beauty, safety and comfort city. Balikpapan include one of clean city in Indonesia. This did not escape the attention of the City Government of care for the environment. Figure of a good leader and loyal to the community, Mayor of Balikpapan for two periodes, Mr. Imdaad Hamid. And now that position is being replaced by Mr. RIzal Effendi.

ASAL USUL NAMA BALIKPAPAN

Sebelum membahas ada apa aja dikota minyak ini, kita perlu tahu nih asal usul dari nama kota Balikpapan. Menilik susunan katanya dapat dimasukkan ke dalam asal kata bahasa Melayu. Menurut buku karya F. Valenijn pada tahun 1724, menyebut suatu daerah di hulu sebuah sungai di sebuah Teluk sekitar tiga mil dari pantai, desa itu bernama BILIPAPAN.
Nah, untuk asal-usul ceritanya ada dua versi berdasarkan Buku 90 Tahun Balikpapan:

Versi Pertama (Sumber: Buku 90 Tahun Kota Balikpapan yang mengutip buku karya F. Valenijn tahun 1724)

Menurut legenda asal nama Balikpapan adalah karena sebuah kejadian yang terjadi pada tahun 1739, sewaktu dibawah Pemerintahan Sultan Muhammad Idris dari Kerajaan Kutai, yang memerintahkan kepada pemukim-pemukim di sepanjang Teluk Balikpapan untuk menyumbang bahan bangunan guna pembangunan istana baru di Kutai lama. Sumbangan tersebut ditentukan berupa penyerahan sebanyak 1000 lembar papan yang diikat menjadi sebuah rakit yang dibawa ke Kutai Lama melalui sepanjang pantai. Setibanya di Kutai lama, ternyata ada 10 keping papan yang kurang (terlepas selama dalam perjalanan)dan hasil dari pencarian menemukan bahwa 10 keping papan tersebut terhanyut dan timbul disuatu tempat yang sekarang bernama “Jenebora”. Dari peristiwa inilah nama Balikpapan itu diberikan (dalam istilah bahasa Kutai “Baliklah – papan itu”atau papan yang kembali yang tidak mau ikut disumbangkan).

Versi Kedua ( Sumber : Legenda rakyat yang dimuat dalam buku 90 Tahun Kota Balikpapan )

Menurut legenda dari orang-orang suku Pasir Balik atau lazim disebut Suku Pasir Kuleng, maka secara turun menurun telah dihikayatkan tentang asal mula nama “Negeri Balikpapan”. Orang-orang suku Pasir Balik yang bermukim di sepanjang pantai teluk Balikpapan adalah berasal dari keturunan kakek dan nenek yang bernama ” KAYUN KULENG dan PAPAN AYUN “. Oleh keturunannya kampung nelayan yang terletak di Teluk Balikpapan itu diberi nama “KULENG – PAPAN” atau artinya”BALIK – PAPAN”.

http://danish56.blogspot.com
 

Daerah Gunung Pipa

Di Balikpapan banyak sekali nama daerah yang ber”Gunung”. Ada Gunung Sari, Gunung Pasir, Gunung Guntur, Gunung Bahagia, Gunung Dubs, Gunung Pipa, Gunung Kawi, hmm apa masih ada yang belum disebut?🙂 Lihat indahnya laut dan rasakan terpaan anginnya. Asik untuk dipakai bermain layang-layang. Hampir semua daerah di Balikpapan bertetangga dengan laut. Memang secara geografis letak Balikpapan berada di tepi provinsi Kalimantan Timur yang berhadapan langsung dengan Selat Makasar.

Melawai adalah tempat yang oke untuk kumpul dan makan  bersama keluarga, sejak sore-malam banyak pedagang makanan berjualan di spot yang udah disediakan. Dingin karena angin laut yg deras, indah menghadap laut apalagi sunset. Dari tempat ini kita bisa melihat 2 pulau kecil ditengah-tengahnya yang dinamakan pulau lutung dan pulau babi, kurang tahu dari mana nama kedua pulau itu. Kalau air sedang surut dua pulau kecil ini bisa dicapai dengan  berjalan kaki saja. Lokasinya dekat dengan Lapangan Merdeka, salah satu area untuk olahraga warga Balikpapan.

Pertigaan Jend.Sudirman dan A. Yani

Subhanallah area Balikpapan ini. Difoto dari atas jembatan penyebrangan yang mempercantik Balikpapan di waktu malam karena cahaya lampunya yang benderang. Persis berada di depan Balikpapan Centre (BC) yang sekarang bernama Plaza Balikpapan.

Timer ini merupakan bentuk penghargaan WAHANA TATA NUGRAHA dari Pemerintah kepada Kota Tertib Lalu Lintas dan Alhamdulillah, Balikpapan menyabet gelar ini 13 kali berturut-turut.

Kebun Sayur
Mari berbelanja ke Pasar Inpres Kebun Sayur. Nama boleh jadi Kebun Sayur, tapi justru bukan aneka sayuran yang akan anda temukan disini. Yup, Pasar Kebun sayur adalah pusat berburu oleh-oleh cinderamata khas Kalimantan Timur.

Toko Batu Permata

Untuk anda yang mencari kain Batik Ampiek, Berbagai jenis batuan, manik-manik, kerajinan kayu, Sarung Samarinda hingga makanan khas Balikpapan dengan mudah bisa ditemukan disini. Jangan khawatir soal harga, walau selalu dibandrol tinggi didepan, coba saja ditawar bisa dapat lebih murah apalagi kalau belanjanya banyak😛.

Pasar Kebun Sayur berada di wilayah Barat Balikpapan. Buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 6 sore. Lokasinya cukup mudah dijangkau karena terletak di pinggir jalan besar, yang arus kendaraan cukup padat di sore hari.

 

Balikpapan Baru

Salah satu kawasan Regency generasi awal di Balikpapan, sebelum banyak seperti sekarang. Sudah seperti bagian dari kota Balikpapan itu sendiri dan memang populer karena menghadirkan kawasan bertaman ala-ala luar negeri gitu. Yah walaupun kondisinya sekarang banyak yang tidak terawat.

Gerbang Balikpapan Baru Regency

Di kawasan Balikpapan Baru ini juga dibangun Pusat Belanja, yang sempat berganti nama dan konsep beberapa kali. Sempat bernama Mall Fantasy lengkap menghadirkan wahana seolah Dunia Fantasy mini. Namun sepertinya konsep ini tidak terlalu berhasil dan ditutup bahkan sebelum pembangunan seluruh wahana selesai. Dan sekarang tempat ini bernama Mall Balikpapan Baru dan telah diperbarui konsepnya untuk konsumen kelas atas. Toko-toko Branded hadir disini, termasuk Hero supermarket nya dibuat mewah dari segi interior dan produk luar dijual bebas disini termasuk Pork, tapi tenang tak perlu khawatir salah ambil letaknya terpisah dan disediakan space khusus kok.

Balikpapan Super Block

Area bisnis baru yang berlokasi di daerah Stal Kuda. Yang dihiasi beberapa kuda bersayap yang meringkik. Di area ini juga terdapat pusat belanja baru bernama “e-Walk“. Entah apa ada hubungannya dengan Ciwalk Bandung.

New business area, located in the area of Stal Kuda (Horse Stal). Decorated with a winged horse neighing. In this area there is also a new shopping center called “E-Walk“. Do not know what to do with Ciwalk Bandung.

 Let’s visit Balikpapan!!  ^-^


22 thoughts on “BALIKPAPAN

  1. wah, beriman tuh bogor lho…

    Bogor kota Tegar Beriman: Tetap Garing Berlandaskan Keimanan, eh, Tertib Segar Indah Aman Nyaman…

  2. Wah gimana nih kok sama2 Beriman?

    Tapi kalo Balikpapan “BERsih Indah aMAn & Nyaman”.
    Alhamdulillah dan semoga slogan itu akan selalu sesuai utk menggambarkan kondisi kotanya.

    Bedanya dengan BOgor. Kalo Bogor dingin, Balikpapan lebih panas (sekalipun sering ujan juga).

  3. ikhwanalim on said:

    Lho, orang balikpapan,ya?
    Tinggal dimana?
    Saya juga dari balikpapan, tinggal di POKA.

  4. Lha?
    Ternyata org Balikpapan memang banyak yang merantau ka Bandung.
    Kalau kang Ryan saya tahu dari Balikpapan. Teh Dede Fa06 juga dari Balikpapan.
    Kayaknya bisa bikin geng G-Balikpapan nih. Hehe

  5. Balikpapan emang kota tercintaku.hehehe….moga Prestasinya tambah lebih baik lg kedepannya.Amien..

  6. Mas sorry dikit koreksi,itu gambar di atas bukan daerah Gn.Pipa tapi Gn.Dubs tembus ke lapangan Merdeka..hehehe…sorry cuma koreksi dikit. CMIIW

  7. photo2nya bagus, lihat juga di http://kotabalikpapan.wordpress.com

    salah satu photonya saya ambil ,,ngga apa ya,….

    • bikin blog khusus Balikpapan ya. Oke tuh buat mengenalkan Balikpapan yang gak kalah oke dengan kota besar lain di Indonesia.
      SOal foto gak masalah asal dengan memberi keterangan sumber gambar.

  8. sippp…jempolnya buanyakkk dehh…koq ngambil angel fotonya tepat banget sih

  9. Incredible website I enjoyed reading your information

    party supplies

  10. walaupun saya lahir dan besar dikota jakarta tapi saya planing u/ stay di balikpapan bahkan jadi penduduk tetap balikpapan.
    banyak kemajuan dan pembangunan di balikpapan, tapi semoga pembangunan itu tidak membuat kota balikpapan yang indah, bersih dan nyaman berubah menjadi kota yang sumpek dan tidak teratur.

    Dukung kota Balikpapan untuk meraih piala Adipura.
    go Balikpapan….

  11. rusdin srt on said:

    tapi tetap BALIKPAPAN kota yg bersih,aman,dan nyaman…
    I LOVE U BALIKPAPAN…
    tingkatkan trus kota balikpapan agar lebih maju,maju,maju,…
    dan menjadi kota nomor 1…

  12. saya udah tinggal 2 taun di balikpapan..n gk bosen ama padang,palembang kotanya…kotanya sebersih n pekanbaru di sumatra..
    ul dr ketiganya..karena keadaan balikpapan yg dekat dgn laut serta gedung2 n kilang minyaknya luar biasa indah kalo saya liat dr pesawat yg biasa saya naikin….udah gtu balikpapan kotanya rapi n aman jarang ada tindakan kriminal kayak jakarta dan surabaya, kecuali balapan liar di jalan2 sepinggan dan melawai yg sering mmbuat kisruh dan juga bentrokan2 dr bberapa golongan masyarakat bberapa waktu lalu…
    smoga balikpapan ttep rapi dan bersih an klao bisa ditngkatkan dari waktu ke waktu
    mskipun kata orang tinggal di balikpapan gak semudah membalikkan papan..
    hihhihihikkss

  13. balikpapan keren..
    ane habis cerita cerita ama temen ane yg orang samarinda…
    ane bilang kapan ya indonesia warganya nyadar kalo buang sampah sembarangan itu ga baik dsb dsb..

    temen ane bilang liat balikpapan aja,soalnya kalo di balikpapan buang sampah bakal dimara2in trus di denda..
    di angkotnya aja ada tong sampah-nya, kesadaran masyarakatnya tentang sampah bersihlah pokoknyaa..

    karna ane ga percaya ane coba googling di yahoo, eh ternyata beneran bersih balikpapan ya..
    keren keren..
    kota impian nih jadinya.. smoga bisa kesana.. eehhehehehhehe

  14. Pulih Soebagio (Mantan warga Balikpapan/Gn Sari Ilir) on said:

    Senang baca tulisan tulisan tentang Balikpapan, kami tunggu temen lainnya berkesah taxi Willys dll dengan maskotnya Maryati, Benteng dan Pulo Tukung dll pada zamannya, oyo sharing tentang Balikpapan dimasa lalu

  15. Balikpapan panas

  16. rachman budiman on said:

    ada yang tahu ngga pencipta lambang kota balikpapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: